Perayaan Maulid; Bentuk Cinta Kepada Rasulullah SAW

Annuqayah– Sebagai umat muslim, sudah menjadi kebiasaan kita untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sebagai suri tauladan yang baik untuk kita contoh. Karena hal itu, Peminatan Ilmu-Ilmu Keagamaan (IIK) mengadakan acara tahunan yaitu peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Aula Mini IIK, pada pukul 13.30 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pimpinan, seluruh Pembina HSP, seluruh ketua aliansi 9 organisasi serta seluruh siswa peminatan IIK. Rangkaian acaran dimulai dengan pembacaan Surah Al-Fatihah. Selanjutnya, acara diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sholawat Nabi, prakata panitia, sambutan-sambutan, ceramah agama dan yang terakhir penutup. Sami’atul Qorinah sebagai Ketua Panitia, dalam sambutannya  mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara tahunan HSP ini adalah untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam yang gelap menuju ke alam yang terang benderang, yakni dengan adanya Addinul Islam. “Semakin tinggi ilmu seseorang maka harus semakin tinggi pula akhlaknya” Ungkap bapak Khalili K.N, sebagai kepala Madrasah dalam sambutan beliau.

Acara inti yang berupa ceramah keagamaan disampaikan oleh Ustadz Misqala Karim. Beliau menjelaskan bahwa Rasulullah adalah manusia yang paling sempurna, baik dalam segi akhlak, fisik dan lain sebagainya. Selain itu, beliau mengatakan bahwa cinta kepada Nabi adalah takut menyakiti orang-orang yang di cintai-Nya. Adapun 10 keistimewaan yang ada pada diri Nabi, yakni; Nabi tidak pernah mimpi basah, tidak pernah menguap, semua hewan senang terhadap nabi sekalipun hewan liar, bekas kencing nabi tidak berbekas (hilang), nabi tidak punya bayangan karena beliau merupakan cahaya di atas cahaya, tidak ada orang yang lebih tinggi dari pada nabi, nabi tidak perlu bersunat, nabi dari keturunan orang-orang yang parasnya rupawan, tidak pernah dihinggapi lalat dan yang terakhir tidak punya titik hitam di dalam hatinya. (Ra_A)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *