Siswa Baru Tidak Ikut Matsama, Nanti Akan Naik Kelas Bersyarat

Matsama merupakan kepanjangan dari Masa Taaruf Siswa Madrasah. Matsama biasa dilaksanakan tiap tahun untuk mengenalkan lingkungan dan atau madrasah kepada siswa baru.

Begitu pula dengan Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri (Mapi), biasa melaksanakan Matsama tiap tahun, sebelum KBM dilaksanakan. Hanya saja, dulu istilahnya Masa Orientasi Siswa (MOS) bukan Matsama. Baru sekitar dua tahun sebelumnya menggunakan istilah Matsama.

Banyak siswa atau wali siswa baru bertanya tentang wajib tidaknya mengikuti Matsama di Mapi. Karena itu penting disampaikan bahwa seluruh siswa baru wajib mengikuti kegiatan Matsama.

Akibat apabila tidak mengikuti kegiatan Matsama, nanti ketika kenaikan kelas akan lulus bersyarat. Syarat agar dapat lulus murni maka harus ikut Matsama bersama siswa baru tahun berikutnya. Bila tetap tidak mengikuti tanpa alasan yang dapat dibenarkan, maka otomatis tidak naik kelas, harus kembali lagi ke kelas X.

Apakah mungkin nanti tidak diketahui alias tidak terlacak yang ikut atau tidak? Pasti diketahui. Sebab, selain sudah terdata, ketika heregistrasi kelas XI harus menunjukkan sertifikat Matsama.

Karena itu, maka harus mengikuti kegiatan Matsama yang dilaksanakan oleh madrasah. Apabila berhalangan, maka harus ada pemberitahuan kepada pihak madrasah.

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *