440 Siswa Baru Mapi 2021 Mengikuti Matsama

MA 1 Annuqayah Putri, 11 Juli 2021. Sebanyak  440 Siswa baru berkumpul di halaman MA 1 Putri  dalam rangka mengikuti kegiatan MATSAMA tepatnya pada  pukul 06.00 WIB. Setelah kemarin selesai melakukan heregistrasi dengan melengkapi pemberkasan, langkah selanjutnya sebelum masuk kelas dan mengikuti KBM siswa baru diwajibkan mengikuti kegiatan matsama selama 3 hari sebagaimana jadwal yang ditentukan.

Sekitar pukul 07.00 pembukaan MATSAMA digelar dengan pembacaan istighasyah bersama dan juga dibuka secara simbolik oleh kepala madrasah. kegiatan ini dihadiri seluruh pimpinan, staff, kepala jurusan dan seluruh siswa MA 1 Putri juga ikut menyaksikan serangkain kegiatan di halama MA 1 Putri. Sebab di pembukaan kegiatan ini, terdapat pembacaan sruktur pempinan dan staff untuk di kenalkan kepada siswa  baru.

Kepala sekolah Drs. KH. Muhammad Muhsin memberikan instruksi kepada seluruh pimpinan dan staff untuk juga menghadiri pembukaan matsama “Pimpinan dan staff wajib hadir dalam pembukaan Matsama untuk dikenalkan kepada siswa baru, supaya mereka bisa tahu dan mengenal  kita beserta tugas-tugasnya”

Sebab tak jarang siswa tidak tahu pada personalia madrasah beserta tugas dan bagian-bagiannya, oleh itu pimpinan, staff dan kepala jurusan juga diperkenalkan dalam pembukaan Matsama ini. “Karna tak kenal maka tak sayang” Imbuh K. Muhsin

Istilah matsama (Masa ta’aruf Siswa Madrasah) yang merupakan kegiatan orientasi siswa sebelum mengikuti KBM di MA 1 putri. Istilah ini tak lain dengan istilah pada umumnya yaitu MOS (masa orientasi Siswa) yang memang wajib untuk dikuti oleh seluruh siswa baru.  Di MA 1 Putri, kegiatan Matsama menjadi kegiatan tahunan yang wajib dikuti oleh siswa baru sebab akan menjadi persyaratan kenaikan kelas selanjutnya.

Bapak Drs. Firdaus Firlaili Waka bagian Kesiswaan mengungkapkan bahwa kegiatan matasama selain sebagai media untuk siswa mengenal madrasah juga sebagai salah satu persyaratan kenaikan kelas.

“Kegaiatan Matsama ini wajib diikuti oleh seluruh siswa, siswa wajib memiliki sertifikat Matsama. Karena ini akan menjadi salah satu persyaratan kenaikan kelas. Nanti ketika hendak Daftar ulang (heregistrasi) siswa diwajibkan menunjukkan sertifikat Matsama,” ujarnya. (11/7)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *