Ikhlas; Menyemai, Merawat hingga Memanen

Annuqayah – Rabu (27/07) Pengurus UKS (usaha kesehatan sekolah) MA 1 Annuqayah Putri Periode 2022-2023 merealisasikan salah satu program pelatihan Green House Hidroponik kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dalam program kerja ketua dan wakil ketua Organisasi UKS. Faktor terlaksananya kegiatan ini, karena adanya fasilitas baru dari Madrasah, berupa Green House Hidroponik. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengurus UKS mempelajari tehnik-tehnik pengolahan tanaman. Salah-satu sistem pengolahan yang digunakan, yakni sistem NFT dan DFT dengan memilih benih-benih selada dan sawi pilihan.

Bapak Junaidi, S. Pd selaku fasilitator dalam acara tersebut menggunakan kesempatan baiknya untuk mengarahkan bagaiman cara menyemai, merawat hingga proses memanen yang baik.  sehingga para peserta pelatihan mendapat bekal untuk mempraktekkannya di lapangan. Menurut beliau dalam merawat tanaman, hati harus turut digerakkan, karena bagus tidaknya kualitas tanaman disebabkan bagaimana keikhlasan kita dalam melayaninya.

Sebagai ketua acara Hasibah Huwaida, lebih memfokuskan pada praktek pengolahan hidroponik. Sebab, jika pengurus UKS minim akan bekal pengetahuan, maka kualitas hidroponik yang dihasilkan tidak akan unggul dalam pemasaran. Pada dasarnya kegiatan ini bukan hanya ditujukan untuk pengurus UKS, melainkan seluruh siswa peminatan MIA dalam rangka oriestasi riset pembelajaran. Bapak Halili S.Pd selaku kepala sekolah memberi arahan, “alangkah baiknya kegiatan ini diambil alih oleh siswa peminatan MIA yang akan dikomando oleh pengurus Himpunan Siswa Peminatan (HSP) MIA” tutur beliau setelah acara pelatihan. (QA)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *