IIK Mengadakan Kajian dan Pengayaan Peminatan, Upaya Menghindari Generasi Instan

Annuqayah –MA 1 Annuqayah Putri, tepatnya Himpunan Siswa Peminatan (HSP)  Ilmu-Ilmu Keagamaan (IIK)  telah merealisasikan program kerja mereka berupa kajian dan pengayaan Peminatan IIK. Acara  ini merupakan  program kerja HSP IIK Divisi Kutubiyah yang sempat vakum selama 2 tahun dikarenakan beberapa kendala, dan sekarang kembali terlaksana sebagai pengayaan pertama sekaligus perdana di  periode 2022-2023. Acara ini berlangsung selama dua hari, sejak hari Rabu sampai Kamis, 16-17   November 2022, bertempat di Aula Mini IIK. Adapun para undangan pada acara pembukaan tersebut meliputi  Kepala Madrasah, Pimpinan, Kepala Jurusan, serta seluruh ketua dari masing-masing organisasi di MA 1 Annuqayah Putri. Hari pertama dimulai dengan pembukaan, sedangkan hari kedua diisi dengan kajian sekaligus juga penutup.

Semua acara  berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya, meski ada sedikit kendala berupa pemindahan jadwal terhadap  beberapa agenda acara. Pembukaan tersebut  sebagaimana lumrahnya diawali dengan doa, kemudian sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Bapak Khalili KN (Kepala Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri), Ana Zilviana (Ketua Panitia), dan R.Ayu Kamiliya Zahra (Ketua Peminatan IIK), dilanjutkan dengan pembukaan secara simbolik bersama Ketua Jurusan Peminatan IIK dan ditutup dengan doa. Dalam sambutannya, Bapak Khalili KN menyampaikan bahwa ilmu-ilmu agama begitu penting, andaikata fiqh adalah hidangannya maka usul fiqh adalah proses penghidangannya, oleh karena kita tidak bisa langsung mengonsumsi hidangan yang tersedia namun kita juga harus tahu hidangan itu apa dan bagaimana proses penghidangannya, jika ada kesalahan atau ketidakwajaran dalam penghidangannya maka bisa saja hidangan itu tidak pantas untuk dikonsumsi.

Materi-materi wajib  peminatan IIK meliputi Ilmu Tafsir, Ushul Fiqh, Al Aqidah wal Akhlaq, dan Ulumul Hadits. Seluruh materi tersebut dikaji pada pertemuan hari kedua oleh K. H. Maimoen Syamsuddin (salah satu Masyayikh Pondok Pesantren Annuqayah daerah Kusuma Bangsa) selaku penyaji pada acara Kajian Penimatan IIK. Acara kajian ini dimulai dari pukul 01: 00-15: 30 WIB. Para siswa Peminatan IIK sangatlah antusias mengikuti acara ini sekalipun harus  dihalau hujan. Dalam kajian tersebut mereka diajak untuk lebih mendalami materi Penimatan IIK secara khusus, salah satu diantaranya tentang kajian Ilmu Tafsir, bahwa di era sekarang telah banyak generasi instan yang terima jadi tidak mau rumit, yang siap saji terima langsung dari ustad modern yang bisa saja tidak faham betul tentang Al-Qur’an yang hanya berpatokan pada terjemahan dan makna lafadz yang ada. Dari itu, maka pentingnya mempelajari Ilmu Tafsir untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam penggunaan ayat Al-Qur’an.

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *