In House Training ; Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Annuqayah– Seiring berubahnya zaman, pendidikan juga ikut berkembang pesat baik dengan materi yang disampaikan atau penerapan metode pembelajaran. Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri (MAPi) mengadakan acara yang dikhususkan untuk suluruh guru, yakni pelatihan/workshop dalam implementasi kurikulum merdeka. Acara ini bertempat di Aula MAPi yang menghimpun dua sesi dengan penyaji yang berbeda. Pada sesi pertama mulai pukul 08:30-11:30 yang diisi oleh Bapak Ali Wafa M.Pd.I dan pada sesi kedua pada pukul 12:30-15:30 yang disajikan oleh Bapak Didik Nur Hadi M.Pd.

Kurikulum merdeka merupakan inovasi pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan dan fleksibelitas kepada sekolah pada umumnya dan pondok pesantren pada khususnya dalam menyusun kurikulum sesuai kebutuhan lokal, potensi siswa, dan perkembangan zaman. Sebagai bentuk upaya menerapkan kurukulum tersebut maka dilaksanakan In House Training (IHT) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru, mengembangkan materi dan strategi pembelajaran melalui sesi- sesi interaktif. Melalui kebijakan kurikulum merdeka yang disampaikan oleh Bapak Ali Wafa M.Pd.I bahwa seorang guru harus memiliki rasa cinta terhadap profesinya, karena guru adalah panggilan rohani dari diri sendiri, sehingga apabila ada suatu perubahan guru harus menerimanya. Guru juga harus selalu update mengenai materi yang akan ia sampaikan. .“Guru jangan terlalu terburu buru mengambil sebuah keputusan jangan mengedepankan emosi tapi bagaimana mndahulukan perasaan” ungkap Bapak Jamali Salim.

Beliau juga menjelaskan tentang sejarah perkembangan kurikulum yang ada di Indonesia, menceritakan berbagai pengalamannya selama mengikuti berbagai pelatihan serta diselingi dengan berbagai contoh dalam menjalani profesi sebagai guru dan menyampaikan beberapa solusi dalam menciptakan forum yang tidak membosankan dalam kelas. Kemudian Bapak Didik Nur Hadi M.Pd menjelaskan tentang bagaimana menerapkan kurikulum merdeka dan metode dalam penerapan materi tersebut. Dalam penerapan kurikulum merdeka ini guru harus benar-benar paham mengenai materi yang ia sampaikan agar ia dapat memberikan pemahaman terhadap peserta didik, peseta didik diharapkan mampu mengola dan menganalisis materi yang telah disampaikan oleh gurunya, serta guru harus memahami kondisi dalam penyampaian materi terhadap peserta didik.

Dengan diadakannya penerapan kurikulum merdeka, guru diharapkan dapat membimbing peserta didik dalam memamahami kurikulukm tersebut, memberikan pengetahuan yang selalu up to date, membantu dalam pengembangan keterampilan teknis dan mengasah soft skills, bisa mengatasi masalah mengenai pembelajaran, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta didik sehingga dapat menjadikan peserta didik menjadi generasi yang berkualitas dan profesional. (N_Y)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *