Perbaiki Akhlak dengan Pemantapan Akhlak Tasawuf Annuqayah

Annuqayah– Sebagai bekal untuk siswa kelas akhir sebelum kelulusannya, Madrasah Aliyah 1 Annuqayah putri menyelenggarakan Pemantapan Ke-Aswaja-An dan Ke-Annuqayah-An. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh madrasah yang bertempat di Aula lantai tiga MAPi. Semua kelas akhir wajib mengikuti acara ini untuk mendapatkan sertifikat sebagai persyaratan pengambilan ijazah.

Pemantapan kali ini dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 25-28 Mei 2024 mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Acara yang awalnya dijadikan dua kelompok, akhirnya dijadikan satu kelompok karena terdapat kendala dari penyaji. Hari pertama diisi dengan pembukaan yang dibuka secara simbolik oleh Kepala Madrasah, Bapak Moh Khalili S.Pd dan dihadiri oleh Waka. Kurikulum sebagai ketua panitia, Bapak Drs. Asya’ari Khatib serta seluruh siswa Kelas Akhir. Acara dilanjutkan dengan materi tentang Pemantapan Akhlak Tasawuf Annuqayah yang disampaikan oleh salah satu pengasuh Annuqayah, K. Moh Halimi Ishomuddin, S.HI.

Materi Pemantapan Akhlak Tasawauf Annuqayah berisi tentang karakter (akhlakul karimah) seorang santri yaitu: cinta terhadap ilmu, kejujuran dan kesederhanaan. Tiga hal itu adalah hal yang harus ditonjolkan bagi seorang santri. Pemateri juga mengemukakakn bahwa akhlak harus tumbuh dari hati dan memberikan contoh kepada orang lain, serta jika akhlak tasawuf dijaga tapi tidak mendekatkan diri kepada Allah, maka ilmu pengetahuan yang didapatkan tidak akan berarti. Beliau juga menyampaikan pendapat Imam Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin yaitu bagi siapa yang tidak mempunyai akhlak maka disamakan dengan kaca yang apabila pecah sulit untuk memperbaikinya dan mengembalikannya ke semula. (S_M)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *