Pelatihan Konselor Sebaya Sebagai Strategi Pemecahan Masalah Siswa

Annuqayah- MA 1 Annuqayah Putri (24/11) menyelenggarakan pelatihan Konselor Sebaya yang diselenggarakan oleh pengurus BK . acara tersebut dimulai jam 07:30 – 11:05 WIB yang di buka langsung oleh bapak kepala madrasah Moh. Khalili, S.Pd.  acara pelatihan tersebut dihadiri oleh sebanyak 25 siswa perwakilan dari masing-masing kelas X.

Kenapa kelas X? Ibu Muhsinah, S. Pd Koordinator BK  menuturkan “ kami pengurus BK  mengambil  kelas X supaya mereka  bisa menjadi  kader konselor sebaya untuk tahun berikutnya, karena tujuan kita mengadakan pelatihan tersebut selain untuk bekal bagi pengurus BK sendiri tujuan yang ke dua, agar mereka para siswa yang kami ikutkan pelatihan menjadi penyalur atau pembantu BK dalam mengatasi masalah siswa, kenapa demikian? karena kebanyakan siswa merasa sungkan jika curhatnya harus kepada pengurus BK langsung, maka kami bertugas mendampingi para siswa yang sudah kami tunjuk sebagai konselor sebaya dalam mengatasi masalah teman di dalam kelas mereka masing-masing” pungkas beliau ketika kami wawancarai.

Adapun pemateri pada kegiatan pelatihan tersebut yaitu Bapak Nuzulul Khair, S.Psi., M.A sebagai pemateri I dan Bapak Dr. Zamzami Sabiq, M,Psi sebagai pemateri II. beliau berdua sama-sama menyampaikan bahwa kemampuan utama yang harus dimiliki konselor adalah  siap mendengarkan, artinya konselor harus benar-benar siap mendengarkan konseli selama konseli membutuhkan permasalahannya harus diceritakan.

Hasil kegiatan pelatihan antara lain: meningkatkan performansi bimbingan konseling melalui kegiatan konseling sebaya, memberikan penghargaan dan perhatian terhadap siswa dengan melakukan kegiatan positif dalam bimbingan konseling di sekolah/madrasah, mengantisipasi munculnya perilaku negatif remaja (kenakalan remaja), memberikan nilai tambah dalam bidang pengetahuan dan keterampilan untuk siswa sehingga dapat membantu guru bimbingan dan konseling.(F-Z)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *