Ujian Lisan, Pertanggung Jawaban KTI Paper

Annuqayah– Periode yang hampir berakhir bagi seluruh siswa  kelas XII, salah satunya ditandai dengan adanya pelaksaaan ujian lisan untuk mempertanggungjawabkan hasil karya tulis ilmiyah (KTI) siswa yang telah terlaksana pada hari-hari sebelumnya. Menulis KTI berupa paper merupakan program wajib bagi seluruh siswa kelas akhir, yang mana tema maupun guru pembimbing dalam proses berjalannya program tersebut disesuaikan dengan masing-masing peminatan.

            Jadwal yang ditentukan oleh pihak madrasah dalam ujian lisan ini selama tiga hari mulai dari Selasa-Kamis, 21-23 Februari 2023 pukul 12.30-15.00 WIB. Setiap kelas akan diisi oleh dua penguji yang telah mendapat mandat sekaligus pernah menjadi guru pembimbing paper. Ada sepuluh kelompok yang akan diuji pada setiap harinya yan tidak terlepas dari pengawasan Kepala Madrasah. Pada tahun ini memang ada beberapa konsep berbeda yang disusun oleh pihak madrasah di antaranya dapat dilihat dari adanya perubahan nama yang sebelumnya adalah munaqasyah menjadi ujian lisan serta kewajiban siswa dalam menggunakan jas almamater ketika memasuki ruangan. Ujian lisan ini ditempatkan di seluruh ruang kelas XII yang berada di lantai dasar.

            Setelah dilakukan wawancara, bermacam-macam tanggapan didapat dari siswa-siswa kelas akhir. Ujian lisan adalah ajang dalam membuktikan akurat tidaknya karya tulis ilmiyah siswa, ketakutan atau kekhawatiran tertentu memang sesekali datang ketika sedang diuji secara langsung, namun persiapan dan latihan yang lebih matang tentu akan menyelematkan di tengah adanya situasi tersebut. Beberapa tanggapan tersebut diungkapkan oleh siswa kelas akhir yang telah selesai menjalani ujian lisan tersebut.(FR)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *