TEROPONG BULAN

Annuqayah- (06/03) Panitia pekan sains Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam (MIA) melaksanakan kegiatan teropong bulan yang menjadi salah satu program di dalam pekan sains yang diselenggarakan sejak 23 Februari – 11 Maret 2023. Kegiatan teropong bulan bertempat di halaman Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri, mulai pukul 20.00-21.30 WIB. Adapun peserta yang hadir pada kegiatan tersebut yaitu seluruh siswa kelas X peminatan MIA. Ketua peminatan MIA yaitu Bapak Drs. Firdaus Firlaili, M.Pd, dan Ibu Bekti Utami, S.T selaku pemateri di dalam acara tersebut. Selain memberikan materi yang berkaitan dengan bulan, beliau juga memaparkan materi tentang bintang.

Bulan adalah satelit terbesar kelima dalam Tata Surya yang tersusun dari bebatuan dan memiliki kesamaan seperti planet kecil, walaupun Bulan tampak seperti berwarna putih dan terang. Sebenarnya Bulan memiliki permukaan yang gelap dan memiliki banyak kawah. maka dari hal tersebut untuk mengetahui bentuk bulan yang sebenarnya perlu adanya kegiatan teropong bulan. Alin Nur Aura selaku pengurus HSP divisi pendidikan, sekaligus ketua Panitia pekan sains mengungkapkan, “tujuan di adakannya kegiatan teropong bulan adalah untuk menambah wawasan siswa kelas X peminatan MIA mengenai seputar dunia astronomi, sehingga mereka tahu bentuk bulan yang sebenarnya. Artinya, mereka tidak beranggapan bahwa bentuk bulan tidak seperti yang mereka lihat dengan mata, yang terlihat bulat dan indah”.

Dari kegiatan ini Panitia pekan sains, berharap agar para siswa peminatan MIA, khususnya kelas X untuk selalu mencari informasi dalam menambah wawasan mereka, yaitu tidak hanya menunggu atau mengandalkan program-program yang dirancang oleh pengurus HSP MIA. (f_z)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *