Edukasi Kesehatan; Upaya Mencegah Berbagai Penyakit

Annuqayah– Unit Kesehatan Sekolah (UKS) MA 1 Annuqayah Putri kembali melaksanakan penyuluhan kesehatan pada Selasa, 04 Juli 2023 yang dimulai pukul 09.30 WIB dengan dihadiri oleh Dinas kesehatan Sumenep, Kepala dan Staf Puskesmas Guluk-Guluk, Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Waka Humas, Pembina UKS, serta pengurus organisasi sebagai tamu undangan.

            Acara yang berlangsung di Aula MAPI tersebut berbentuk sharing ilmu dan edukasi kesehatan yang diawali dengan pre dan post test terkait dengan kesehatan tubuh maupun kesehatan lingkungan sekitar kepada seluruh siswa. Edukasi yang pertama disampaikan yaitu mengenai kepentingan dalam mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) dengan teratur serta penjelasan tentang penyakit anemia dimulai dari ciri-ciri dan penyebab anemia serta solusi dalam mencegah penyakit tersebut. Edukasi lainnya juga dijelaskan terkait dengan kesehatan lingkungan (penggambaran lingkungan yang bersih dan kotor dan cara menjaga lingkungan sekitar) .

            Dengan adanya penyuluhan kesehatan, harapan yang terbentuk dari pembicara pada edukasi yang pertama yakni agar siswa-siswa segera menyadari kepentingan dalam mengkonsumsi TTD secara teratur untuk mencegah anemia maupun mencegah gejala penyakit lainnya seperti stunting (pengerdilan) atau berat badan yang tidak sesuai dengan tinggi badan.

            Siti Muflihatul Fadilah selaku salah satu peserta dari Informasi & Publikasi mengungkapkan “Acara ini sangat edukasi, menambah wawasan terutama dalam bidang kesehatan di pesantren dan yang paling menarik, penyaji menjelaskan cara-cara mencegah penyakit yang sering dialami oleh santri.” (F_R)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *