MGBK; Meningkatkan Kualitas Program Kerja BK

Annuqayah- Program kerja Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) telah dilaksanakan pada Sabtu, 11 November 2023 yang dimulai dari pukul 09.00 WIB di ruang Perpustakaan MAPi. Acara ini dihadiri langsung oleh Seluruh pimpinan, Guru Bimbingan Konseling (BK) dari MA Negeri Sumenep Kepala Madrasah serta Seluruh Pimpinan dan Guru Bimbingan Konseling (BK) MAPi yang juga turut ikut serta dalam mengikuti berjalannya kegiatan ini hingga akhir.

MC mengawali musyawarah ini dengan pembacaan istighasah bersama yang dipimpin langsung oleh bapak Drs. Asy’ari Khatib. Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan  Kepala Madrasah, bapak Moh. Khalili S. Pd. Harapan yang diungkapkan oleh Kepala Madrasah adalah tentang cara mengembangkan potensi dalam diri siswa. Sambutan kedua dihaturkan kepada Ibu Kamilatus Sa’adah  selaku guru BK MAN Sumenep. Beliau meyampaikan banyak hal yang berhubungan dengan BK, salah satunya bahwa BK mempunyai peran yang penting dalam pendidikan. Kemudian acara ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh bapak Drs. Asy’ari Khatib.

Setelah acara ditutup dengan resmi beralih program inti dari pertemuan tersebut yakni Arahan Penerapan Aplikasi ke-BK-an profil siswa yang dipimpin oleh bapak Eko Nurul Akbar. Dalam sambutan guru BK dari MAN Sumenep menyampaikan bahwa BK tidak bisa dipisahkan dari sistem pendidikan dan seharusnya bisa menjadi sahabat bagi para siswa. Tujuan dari terjalannya MGBK yaitu untuk menyediakanpengembangan keprovesian BK. “BK itu sangat penting di pendidikan, karena dengan adanya BK siswa bisa lebih disiplin dan terarahkan” tutur salah satu siswa MAPi.

Rapat lanjutan terlaksana setelah jam pulang sekolah yang merupakan rapat kedua dengan forum yang berbeda. Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh pimpinan dan BK, ada guru Penegak Kedisplinan (PK) yang mengikuti kegiatan hingga selesai. Rapat kedua diisi dengan musyawarah terkait keseluruhan dari program kerja BK dan PK, evaluasi yang diisi berbagai saran dari masing-masing pimpinan, serta tanggapan Kepala BK terhadap kritik dan saran yang telah diungkapkan sebelumnya. (Tim_Jurnalis)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *