Diklat Pustakawan dan Aplikasi; Peningkatan Kualitas Perpustakaan Madrasah

Annuqayah- Pengurus Perpustakaan Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri mengadakan Diklat Pustakawan dan Aplikasi yang diikuti oleh seluruh ketua kelas. Acara diklat diadakan selama dua hari, yaitu pada hari Selasa, 28 November 2023 dan hari Rabu, 29 November 2023 bertempat di ruang Audio Visual (AUVI) MA Pi. Pembukaan diklat dan penyajian materi diklat pustakawan diadakan pada hari pertama, sedangkan diklat aplikasi dilaksanakan pada hari kedua.

Ibu Aisyah Herliana, S.IIP. dari Dinas Perpustakaan Daerah Sumenep menjadi penyaji dalam materi pengenalan perpustakaan daerah. Beliau menjelaskan tentang klasifikasi buku-buku yang ada di Perpustakaan Sumenep hingga pengenalan layanan dan program-program perpustakannya. Materi yang kedua disampaikan oleh Ibu Ir. Budi Prihartini, yaitu mengenai literasi dengan tema besar “Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Gemar Membaca di Era Digital”. Manajemen perpustakaan adalah pembahasan yang kedua atau lanjutan materi yang disampaikan oleh Ibu Aisyah setelah diganti rekannya terlebih dahulu. Hari kedua, Rabu (29/11) dilaksanakan Diklat Aplikasi yang diisi oleh bapak Muhammad Ridwan. Dalam diklat hari kedua ini para peserta diberikan pemahaman dan pelatihan mengenai cara pengoperasian aplikasi online untuk mendata buku, mencatat daftar peminjaman buku, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan digitalisasi pelayanan perpustakaan.

Tujuan dari diadakaan diklat kali ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pustakawan dan manajemen perpustakaan. Di samping itu, diklat ini diharapkan juga akan meningkatkan minat baca dan literasi siswa. Salah satu peserta diklat menyampaikan bahwasanya kegiatan tersebut sangat bagus karena bisa menambah wawasan baru tentang perpustakaan dan membuat siswa yang bersangkutan bisa merasa termotivasi untuk lebih giat membaca. (F_R)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *