Munaqosah MKKT Membentuk Karakter Pecinta Kitab Kuning

Annuqayah– Kamis 07 Desember 2023, Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri telah melaksanakan Musyawarah Kitab Kuning Thariqah (MKKT) bagi siswa kelas X peminatan Ilmu-Ilmu Keagamaan (IIK). Program ini murni merupakan program madrasah, hanya saja tanggung jawab dalam mengkoordinir kegiatan tersebut ada pada pengurus HSP IIK Divisi Kutubi.

Pelaksanaan MKKT dimulai pada pukul 09.00-12.00 WIB yang dihadiri oleh seluruh Pimpinan, Penguji Peserta MKKT, Pembina HSP IIK, pengurus HSP IIK, dan seluruh siswa kelas X IIK. Kegiatan yang bertempat di aula mini IIK itu diawali dengan pembukaan yang diisi beberapa rangkaian acara, diantaranya pembukaan dengan Pembacaan Basmalah. Sambutan dari Kepala Madrasah, dan penutup. Dalam sambutannya, kepala madrasah menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan berharap bisa melahirkan generasi yang handal dalam bidang kitab kuning. Selanjutnya acara inti, yaitu Munaqosah MKKT yang diuji oleh empat penguji. Ustadz Syafi’i, Ustadz Affan Habibi dan Ustadz Sapra’i. Sedangkan Pembina HSP IIK turut menilai kemampuan peserta.

Muflihatur Rahmah selaku Koordinator Divisi Kutubi menyampaikan bahwa MKKT merupakam kegiatan untuk melihat kemampuan dan pencapaian siswa dari segi pengetahuan ilmu keagamaannya. Narasumber juga menyampaikan harapan agar siswa bisa lebih memperdalam Ilmu Nahwu dan lain sebagainya. Kegiatan ini bukan hanya melatih kemampuan dalam hal kitab kuning, tapi juga melatih mental. Karena disaksikan oleh pimpinan dan sebagian guru, ujar salah satu peserta MKKT. (F_R)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *