HSP IBB; Upaya Melestarikan Budaya Lokal melalui Seminar Kebudayaan

Annuqayah- Kamis (22/02) Himpunan Siswa Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya (HSP IBB) menyelenggarakan program Seminar Kebudayaan. Program tersebut merupakan program kerja di bawah naungan divisi peminatan yang pelaksanaannya hanya satu tahun sekali. Acara bertempat di Aula Mini Madrasah yang dimulai pada pukul 13.30 WIB. Seluruh Pimpinan, Pembina HSP, dan seluruh Ketua Organisasi serta seluruh siswa peminatan IBB diikutsertakan menjadi peserta dalam seminar tersebut.

Seminar kebudayaan kali ini mengambil tema “Menoleransi Ragam dan Budaya Lokal Madura”. Bapak Asy’ari Khatib dalam sambutannya menafsirkan tema tersebut dalam artian keragaman budaya dapat menghasilkan toleransi antara satu dengan yang lainnya. Kemudian pada Seminar yang disajikan oleh Syaf Anton WR, beliau mengungkapkan bahwa budaya terbentuk dari banyak agama, politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa juga merupakan salah satu ciri yang paling khas dan manusiawi untuk membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya.

Acara berjalan dengan lancar hingga akhir yang dibuktikan dengan kekompakan antar panitia serta partisipasi dari peserta seminar. “Semoga pelajaran yang didapatkan dari seminar hari ini bisa diterapkan sehingga dapat melestarikan budaya lokal Madura.” Harapan Assyuro Suryani selaku Ketua HSP IBB.(S_M)

Add your thoughts

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *